Latest News

Tips Sehat Beribadah Haji maupun Umroh

Tips Sehat Beribadah Haji maupun Umroh


tips sehat haji umroh


Tidak terasa sebulan sudah lamanya kita meninggalkan bulan suci Ramadahan, kini kita akan memasuki bulan Dzulhijjah. Setelah Ramadhan bulan istimewa kedua ummat Islam adalah bulan Dzulhijjah, dimana di bulan ini ummat Islam yang “dipanggil oleh Allah” untuk mengunjungi Tanah Suci Makkah Al-Mukarromah, dari seluruh penjuru dunia akan bertemu dan berkumpul di satu titik yaitu Baitullah, dalam satu ritual keagamaan yang sama, yaitu berhaji.

Musim haji tahun ini bertepatan dengan musim panas di negara para nabi tersebut. Iklim dan kondisi alam yang sangat berbeda di tanah suci dengan iklim dan kondisi alam negara kita, menuntut jemaah haji dan umroh asal Indonesia untuk pandai-pandai beradaptasi. Jamaah haji dan umroh asal Indonesia juga wajib menyiapkan diri baik secara mental spiritual maupun secara fisik jasmaniah.
Selain iklim dan kondisi alam yang sangat jauh berbeda dengan kondisi di tanah air, utamanya adalah perjalanan ibadah haji dan umroh ke baitullah adalah perjalanan ibadah yang menuntut kesiapan mental dan fisik yang baik dan prima. Ritual yang akan dijalankan jamaah haji dan umroh membutuhkan jasmani dan rohani yang sehat dan kuat. Sejatinya ritual wukuf di Arofah, mabit atau bermalam di Muzdalifah, melempar Jumroh, thawaf dan sya’i, adalah aktivitas yang membutuhkan fisik dan psikis yang sehat dan kuat. Ritual tersebut bukanlah ritual yang enteng dilakukan jamaah haji.

Untuk menyiapkan fisik jamaah haji dan umroh di Tanah Suci, berikut adalah sepuluh tips kesehatan haji dan umroh yang sejatinya dapat membantu jamaah untuk memetakan trik-trik kesehatan yang dapat jamaah usahakan dalam menjalani kegiatan haji dan umroh di tanah kelahiran Rosulullah ini.

Berikut sepuluh tips kesehatan haji umrohadalah:


  1. Selalu berdo’a meminta kesehatan jasmani dan rohani kepada Allah yang memiliki jiwa dan raga kita. 
  2. Self control dalam artian sebagai manusia dewasa tentu kita sudah mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk untuk diri kita. Dalam hal makanan tentunya kita sudah mengerti dan mengetahui makanan apa saja yang dapat memicu diri kita sakit, hindarilah makanan yang dapat memicu kita menjadi sakit, walaupun kita sedang sangat ingin menikmatinya. Di sini self control tersebut sangat dibutuhkan.
  3. Makan makanan yang sehat, bersih, bergizi seimbang, dan usahakan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran dan buah-buahan.
  4. Disiplin dengan pola makan yang teratur, jangan dibiasakan menunda-nunda jam makan sekalipun dalam kondisi sangat sibuk.
  5. Perbanyak minim minuman yang sehat, hindari minuman yang mengandung pemanis berlebihan terlebih lagi pemanis buatan. Lebih utamanya adalah minum air Zam-zam yang sangat melimpah dan selalu disediakan untuk jamaah. Air Zam-zam aman diminum walaupun dalam kondisi mentah atau tidak di masak, karena mengandung flouride tinggi yang mampu membunuh kuman. Dengan meminum air Zam-zam resiko dehidrasi selama dalam perjalanan Insya Allah tidak akan terjadi. 
  6. Selalu membersihkan tangan dengan sabun sebelum  dan sesudah mengkonsumsi makanan.
  7. Bagi jamaah yang sebelumnya mempuyai riwayat penyakit tertentu, wajib membawa obat-obatan pribadi sebagai langkah awal antisipai jika penyakit tersebut kambuh di Tanah Suci.
  8. Untuk jamaah yang memiliki riwayat penyakit tertentu, terutama penyakit-penyakit yang tergolong parah, rajin-rajinlah berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kesehatan kepada petugas kesehatan yang disediakan di setiap kelompok atau maktab.
  9. Pastikan istirahat jamaah cukup. Jamaah haji dan umroh harus pandai memanaj waktu dengan baik dan bijaksana. Dahulukan yang wajib daripada yang sunnah atau bahkan untuk hal-hal yang sangat tidak penting seperti “berbelanja cendera mata atau oleh-oleh untuk tetangga dan kerabat”. Jangan sampai tenaga jemaah haji dan umroh terkuras hanya untuk hal-hal yang tidak penting.      
  10. Dan yang terpenting selalu berhusnudzon kepada Allah, bahwa Allah akan selalu menjaga jiwa dan raga kita. Pasrahkan jiwa dan raga kita hanya kepada Allah Sang Pemilik jiwa kita.


Demikianlah sepuluh tips kesehatan haji umroh semoga bermanfaat untuk anda yang tahun ini diberi kesempatan menunaikan rukun Islam yang ke lima ini. Semoga Allah selalu memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani para jamaah dan memberikan kita semua yang belum ke tanah suci disegerakan kemampuannya.Aamiin



1 Response to "Tips Sehat Beribadah Haji maupun Umroh"

  1. Terima kasih atas informasinya...sukses selalu
    http://grosirsponmandi.klikspo.com

    BalasHapus