Latest News

Tempat-tempat Ziarah di Mekkah dan Madinah

Tempat-tempat Ziarah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah


Dian Cahaya - Ziarah memiliki arti berkunjung ke tempat-tempat suci atau bersejarah. Ziarah yang secara khusus diperintahkan Rasullah SAW adalah berkunjung ke Baitullah (Masjidil Haram), Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsho. Tujuan Ziarah adalah untuk menghayati dan mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dalam rangka mempertebal dan meningkatkan keimanan dan takwa kepada Allah SWT serta mengingat akhirat bukan meminta-minta kepada tempat-tempat yang diziarahin. Ziarah hukumnya adalah mubah, dan perlu diingat bahwa ziarah tidak termasuk dalam rangkaian ritual ibadah haji.



Berikut ini Tempat-tempat Ziarah di Kota Mekkah Saat Haji/Umrah:

tempat ziarah gua hira mekkah

1. Gua Hira dan Jabal Nur
Terletak sekitar 6 km disebelah utara Masjidil Haram, di gua Hira inilah Allah menurunkan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

2. Jabal Rahmah
Merupakan sebuah bukit tempat bertemunya Nabi Adam AS dengan Siti Hawa yang telah terpisah sekitar 100 tahun lamanya, yang diatasnya terdapat tugu padang Arafah.

3. Jabal Tsur
Terletak sekitar 6 km disebelah selatan Masjidil Haram, disinilah tempat Nabi Muhammad SAW beserta Abu Bakas As Shiddiq bersembunyi dari kejaran kaum Kafir Quraisy saat hendak hijrah ke Madinah

4. Masjid Jin
Terletak di dekat Ma'la (kuburan umum di Mekkah).
Masjid ini dinamakan sebagai masjid Jin karena terdapat sekelompok jin yang sepakat berbaiat mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai rasul utusan Allah.


Tempat-tempat Ziarah di Kota Madinah Saat Haji/Umrah:


tempat ziarah di madinah masjid nabawi

1. Masjid Nabawi
Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah S.A.W, setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah dia dari Mekkah ke Madinah. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar ke-2 di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Keutamaan Shalat di Mesjid Nabawi ini adalah lebih utama 1000 kali dibandingkan dengan shalat di mesjid yang lain, kecuali Masjidil haram yang nilainya lebih utama dari 100.000 kali dibandingkan shalat di Mesjid yang lain. 

2. Makam Rasulullah
Terletak di kompleks Masjid Nabawi, Saudi Arabia. Sebelum diperluas, di situ terdapat makam Rasulullah SAW yang dahulu dinamakan Masqurah. Setelah masjid ini diperluas, makam Rasulullah masuk di dalam bangunan masjid dengan kubah berwarna hijau. Di situ, terdapat empat pintu yang masing-masing dinamakan Pintu at-Taubah di kiblatnya, Pintu ar-Raudhah di barat, Pintu Fathimah di timur, dan Pintu Tahajud di utara. Selain itu, di sini ada pula makam Abubakr ash-Shiddiq RA dan Umar bin Khattab RA.


3. Raudhah
Raudhah itu artinya “taman’ yang menggambarkan kesejukan dan kenikmatan. Raudhah yang dimaksud di sini tentu adalah area antara rumah dengan mimbar Nabi sebagaimana hadis shahih Riwayat Bukhari “maa baina baitii wa minbarii raudhoh min riyaadhil jannah, wa minbari ‘alaa haudhii” (antara rumahku dan mimbarku adalah raudhoh (yaitu) taman dari surga, dan mimbarku di atas kolam). Raudhah merupakan salah satu tempat yang makbul untuk berdoa.


4. Masjid Quba
Merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW, pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108)


5. Jabal Uhud
Bukit Uhud atau Jabal Uhud adalah sebuah bukit berjarak 5 kilometer dari utara Kota Madinah dengan ketinggian sekitar 1.077 meter, selalu dikenang oleh umat Islam karena di lembah gunung ini pernah terjadi peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriyah (Maret 625 Masehi) yang menyebabkan 70 pejuang Islam mati syahid termasuk diantaranya paman nabi yang bernama Hamzah bin Abdul Muthalib.

5. Masjid Qiblatain (Masjid dua kiblat)
Terletak di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq atau di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah.  Pada permulaan Islam, orang melakukan salat dengan kiblat ke arah Baitul Maqdis (nama lain Masjidil Aqsha) di Yerusalem/Palestina. Baru belakangan turun wahyu kepada Rasulullah SAW untuk memindahkan kiblat ke arah Masjidil Haram di Mekkah.
Sekian 6 tempat ziarah yang sering dikunjung jemaah Haji dan Umroh di kota Madinah, tentunya masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah lainnya di kota tersebut. Semoga bermanfaat. Dan anda bisa membaca tempat bersejarah di kota Mekkah pada postingan sebelumnya.




0 Response to "Tempat-tempat Ziarah di Mekkah dan Madinah"